Lebih Dekat dengan Alam dan Budaya

Teknik Pengelolaan Sampah

Sampah merupakan suatu bahan alam yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Berdasarkan asalnya sampah padat dapat digolongkan sebagai sampah organik dan sampah anorganik. Sampah anorganik seperti botol kemasan minuman, plastik, kardus dan barang-barang bekas lainnya banyak terdapat disekitar kita yang merusak lingkungan.
Banyak cara pengolahan sampah plastik seperti dengan daur ulang menjadi biji plastik, atau juga bisa dimanfaatkan sehingga terbentuk sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis. Untuk menyulap sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang unik diperlukan kreatifitas dan ketekunan yang tinggi. Misalnya saja botol plastik, kita bisa membentuk bunga dari botol plastik tersebut.
Hal tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti teknik pengelolaan sampah yang dilakukan oleh kelompok masyarakat Desa Dasan Geria yaitu membuat sebuah kreasi dengan bahan dasar sampah. Sampah plastik tersebut menjadi sebuah bunga hias dengan berbagai jenis dan warna yang menarik sehingga bisa memiliki nilai ekonomis yang lebih. Melihat potensi lingkungan sekitar sekarang masih sangat jarang yang mengkreasikan sampah-sampah menjadi sebuah benda yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual yang lebih.
Produk bunga hias dari sampah disajikan dengan berbagai macam warna yang menarik serta bisa juga dengan warna yang sesuai dengan pesanan pembeli dengan demikian dapat menambah pendapatan masyarakat khususnya ibu rumah tangga karena dikerjakan di rumah.




Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Sumber Mata Air di Desa Dasan Geria

Desa dasan geria adalah desa yang terletak di kecamatan  lingsar, kabupaten Lombok barat. Sama halnya dengan desa lingsar yang mempunya...

Subscribe Us

Jam digital

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Flag Counter