Lebih Dekat dengan Alam dan Budaya

Bendungan Meninting



Ilustrasi Bendungan Meninting

R
encana pembangunan bendungan di dusun Murpeji Desa Dasan Geria akan segera dilaksanakan, ditandai dengan telah dilakukannya peletakan batu pertama (Groundbreaking) pada kamis 9 September 2019 yang dihadiri langsung oleh bapak Gubernur NTB yaitu bapak Zulkieflimansyah. 

Bendungan yang diperkirakan selesai pada tahun 2022 ini disebut mampu menampung debit air berkapasitas 8 juta kubik, yang akan dimanfaatkan sebagai air irigasi dan air baku. Selain itu, keberadaan Bendungan Meninting juga akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi pariwisata untuk mendukung ekonomi masyarakat sekitar.

Bendungan Meninting nantinya memiliki genangan cukup dalam yang dapat mengalirkan air hingga ke Lombok Selatan. Mega proyek strategis ini juga diperkirakan mampu menjadi sumber irigasi yang akan mengairi ribuan hektare lahan pertanian di Lombok Barat dan sebagian Lombok Tengah. Selain itu, akan menjadi sumber air baku untuk konsumsi rumah tangga dan menampung air di musim hujan sehingga dapat mengantisipasi kekeringan khususnya di Lombok Barat.
Share:

2 komentar:

Sumber Mata Air di Desa Dasan Geria

Desa dasan geria adalah desa yang terletak di kecamatan  lingsar, kabupaten Lombok barat. Sama halnya dengan desa lingsar yang mempunya...

Subscribe Us

Jam digital

Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Flag Counter